Panduan Lengkap Berbudidaya dan Wirausaha

5 Cara Ternak Kambing yang Baik dan Benar

Budidaya bagus akan kembali memberikan tips dan cara ternak kambing yang baik dan benar supaya mendapatkan keuntungan yang banyak. Kambing merupakan salah satu hewan yang bernilai harga jual tinggi, terlebih bila musim Qurban. Ternak kambing memang sangat menggiurkan, perawatannya yang mudah dan murah namun, hasilnya melimpah ruah. Bagi anda yang tertarik dengan ternak kambing tapi masih bingung, berikut akan dijelaskan cara ternak Kambing. Silakan dicermati langkah-langkahnya.

cara ternak kambing

1. Memilih bibit
Bibit Kambing yang akan menjadi induk harus sehat dan tidak cacat. Induk betina umurnya lebih dari 12 bulan, berat badannya lebih dari 20 kg, dan memiliki 2 puting susu. Kemudian induk jantan pilihlah yang besar, berumur lebih dari 1,5 tahun.

2. Kandang
Kandang untuk kambing dapat dibuat menggunakan kayu atau bambu dengan bentuk panggung. Tujuannya untuk memudahkan pembuangan kotoran kambing dan mencegah penyakit. Kandang kambing depannya diberi tempat untuk pakan, terdapat ventilasinya dan mendapat cahaya matahari.
Ukuran kandang sesuaikan dengan jumlah kambing yang akan anda ternak. Semakin banyak maka semakin banyak pula hasilnya.

Berapapun ukuran kandngnya, anda harus memberi penyekat. Penyekat bisa dibuat ditengah-tengah kandang atau sepertiga kandang sesuaikan dengan jumlah kambing. Tujuan pemberian penyekat untuk memisahkan anak kambing nantinya. Sebelum kambing dimasukkan dalam kandang, kambing harus dibebaskan dari parasit internal dengan pemberian obat cacing dan parasit eksternal dengan dimandikan.

3. Pakan
Anda dapat memberikan pakan kambing berupa daun-daunan seperti, rumput kayangan, daun lamtoro, gamal, daun nangka, dan sebagainya. Selain itu, berikan juga makanan tambahan berupa bungkil kalapa, bungkil kedelai, dedak, tepung ikan ditambah mineral dan vitamin.

4. Reproduksi
Kambing dikawinkan pada umur 10-12 bulan atau saat bobot mencapai 55-60 kg.
Lama birahi kambing biasanya 24-45 jam, tandanya gelisah, nafsu makan dan minum menurun, ekor sering dikibaskan, sering kencing, dan kemaluan bengkak.

5. Panen
Anda dapat menjual kambing anda tidak terpatok umur, melainkan sesuai keinginan pembeli. Anda akan panen kambing besar-besaran pada Hari Raya Qurban yang harganya bisa melonjak tinggi dari hari biasa. Begitulah cara ternak kambing yang sangat mudah dan murah serta menghasilkan keuntungan yang melimpah. Selamat mencoba.
Facebook Twitter Google+