Panduan Lengkap Berbudidaya dan Wirausaha

4 Hal Penting Cara Budidaya Lovebird Mudah

Lovebird atau burung cinta merupakan salah satu jenis burung hias yang banyak digemari para pecinta burung hias sebagai koleksi. Warnanya yang indah dan bentuknya yang kecil serta keunikannya membuat burung ini banyak peminatnya. Oleh karena itu, budidaya Lovebird menjadi salah satu peluang usaha yang bisa anda tekuni. Bagi anda yang masih pemula, berikut akan dijelaskan cara budidaya lovebird yang mudah.

Cara Budidaya Lovebird

1. Kandang

Kandang atau sarang Lovebird anda dapat membelinya pada penjual kandang burung. Namun, anda juga dapat membuatnya sendiri. Jika membuat sendiri, berikut ada tips pembuatan kandang Lovbird:
  • Buatlah kandang model panggung, kira-kira 1 m dari tanah sehingga dasar kandang Lovebird tidak menyentuh tanah.
  • Usahakan kandang terbuat dari besi atau kayu yang dilapisi dengan seng maupun aluminium. Jeruji kandang juga buatlah dari kawat yang kokoh. Hal ini karena Lovebird memiliki paruh yang tajam dan melindungi dari Lovebird dari hewan lain.
  • Lengkapi kandang dengan tangkringan, tempat pakan dan minum, serta tempat mandi.
  • Setelah kandang siap, letakkan pada tempat yang teduh namun tetap terkena cahaya matahari pagi secara langsung. Untuk itu, anda dapat menghadapkan kandang kearah matahari terbit untuk mendapatkan sinar matahari pagi.

2. Induk

Induk Lovebird yang bagus pilihlah yang memiliki paruh panjang, tebal, dan kuat, kepalanya besar, postur tubuhnya sedang, tidak cacat, dan sehat. Selain itu, pilihlah Lovebird yang produktif yakni berumur 7 bulan hingga 2,5 tahun.

3. Penjodohan

Penjodohan Lovebird dapat anda lakukan dengan memasukkan beberapa Lovbird jantan dan betina ke dalam kandang besar. Atau anda dapat memasukkan sepasang Lovebird dalam kandang yang bersekat, sekat harus diambil jika sudah berjodoh.
Pengeraman telur Lovebird sekitar 25 hari. Pada saat pengeraman, suasana sekitar kandang harus tenang dan jangan memegang telur yang sedang dierami.

4. Pakan

Pakan Lovebird dapat berupa kubis, biji bunga matahri, tauge, sawi, kangkung, milet. Serta berikan minum yang ditambah dengan vitamin. Jangan lupa memberikan tulang sotong pada Lovebird, anda dapat membelinya di toko burung.

Demikian penjelasan tentang cara budidaya Lovebird yang mudah. Anda bisa mencobanya untuk berwirausaha. Semoga bermanfaat.
Facebook Twitter Google+