-->

Panduan Lengkap Berbudidaya dan Wirausaha

Cara Merawat Lidah Buaya Mudah Sekali

Perawatan penting bukan? tidak terkecuali untuk tanaman yang memiliki nama latin Aloe Vera. Tanaman yang berasal dari Afrika ini kaya akan manfaat. Oleh karena itu, bagi anda pecinta tanaman harus tau cara merawat lidah buaya yang benar. Terlebih bagi para pembudidaya Lidah Buaya.

merawat tanaman lidah buaya

Berikut cara merawat Lidah Buaya:

1. Sinar matahari
Perhatikan sinar matahari dengan tanaman kesayangan anda ini. Lidah Buaya memang jenis tanaman yang banyak membutuhkan sinar matahari. Namun, hindari sinar matahari yang terlalu intens pada tanaman yang satu ini.
Sinar matahari yang intens atau terlalu banyak akan membuat daun rusak dengan adanya bintik coklat gelap atau daun berwarna orange. Dengan begitu, lidah buaya tidak lagi menawan.
Jika daun sudah bersisik dan berwarna orange sepenuhnya, itu tandanya Lidah Buaya sudah parah. Oleh karena itu, letakkan Lidah Buaya di tempat yang teduh namun terkena sinar matahari langsung.

2. Tanah dan Pupuk
Perhatikan tanah yang ditanami Lidah Buaya. Pastikan tanahnya kering, bukan tanah basah. Anda bisa mencapur tanah dengan pasir, batu apung, dan perlit.
Pupuk juga perlu diperhatikan supaya Lidah Buaya tumbuh dengan subur. Anda bisa memberi pupuk organik tergantung pada tingkat kesuburan Lidah Buaya.

3. Penyiraman
Lidah Buaya merupakan tanaman yang menyimpan banyak air di daunnya sehingga anda tidak perlu banyak menyiram dengan air. Siramlah Lidah Buaya ketika tanah terlihat kering. Jika tanaman Lidah Buaya di dalam pot, pastikan terdapat lubangan dibawah pot untuk membuang kelebihan air. Perlu diketahui bahwa Lidah Buaya yang kelebihan air akan cepat busuk.

4. Mengganti Pot
Jika tanaman Lidah Buaya anda di dalam pot, perhatikan tempat pertumbuhannya. Lidah Buaya yang anda tanam akan tumbuh kembang dan memiliki banyak tunas. Jika pot tidak mencukupi lagi maka gantilah dengan yang baru dan lebih besar. Lidah Buaya yang sudah bertunas, anda dapat memisahkan tunas dari induknya dan menanam dalam pot sendiri. Jika tetap disatukan maka akan menyedot energi dari pohon induk. Demikian cara merawat Lidah Buaya yang bisa anda praktekkan. Sayangi tanaman anda.

Facebook Twitter Google+