Panduan Lengkap Berbudidaya dan Wirausaha

8 Panduan Dasar Cara Ternak Burung Kacer Modal Kecil

Bagi anda yang ingin berwirausaha, tidak ada salahnya jika anda mencoba cara ternak kacer. Burung jenis ini banyak dilirik para kicau mania sehingga sangat cocok anda jadikan bisnis. Caranya tidaklah sulit jika anda memperhatikan cara ternak Kacer berikut ini.


1. Kandang
Kandang untuk ternak Kacer anda dapat membelinya pada penjual kandang burung. Namun, anda juga bisa membuatnya sendiri dari kayu balo yang keras dan tahan lama. Buatlah kandang dengan sekat ditengahnya, serta dilengkapi dengan tempat pakan, minum, dan sarang untuk Kacer betina.

2. Bibit Kacer
Bibit Kacer yang akan anda pilih sebaiknya sehat, tidak cacat, badannya besar dan panjang, enerjik, sorotan matanya tajam.
Kacer jantan, pilihlah yang berumur 10 bulan keatas, sedangkan betina berumur 1 tahun keatas.

3. Penjodohan
Proses penjodohan Kacer dapat dilakukan dengan cara memasukkan burung Kacer jantan dan betina pada sangkar yang sudah bersekat. Tujuannya supaya Kacer jantan dan betina saling kenal dahulu. Jika sudah waktunya kawin, sekat harus diambil. Berilah sarang pada kandang betina yang bisa anda buat dari daun cemara, serta taburkan daun pada lantai sangkar. Kacer akan mengerami telurnya selama 2 minggu setelah bertelur.

4. Masa meloloh
Masa meloloh yaitu indukan betina memberikan makan kepada anaknya yang baru menetas (piyik). Masa ini berlangsung selama 3-4 minggu hingga anak kacer dapat makan sendiri.

5. Menyapih anak Kacer
Menyapih anak Kacer ini dilakukan ketika piyik sudah bisa makan sendiri atau saat induk betina sering mematuki kepala piyik. Menyapih dilakukan dengan cara memisahkan anak Kacer dari indukan.

6. Pakan
Pakan Kacer dapat membeli pakan voer buatan pabrik. Namun, anda dapat memberikan makanan hidup berupa jangkrik, ulat, belalang, dan berikan kroto untuk makan anak Kacer yang sudah menetas. Selain itu, berikan minuman yang dicanpur dengan vitamin.

7. Perawatan
Perawatan Kacer sangat mudah, anda perlu menjaga kebersihan kandangnya dari sisa makanan. Serta jangan sampai Kacer kehabisan makanan.

8. Panen
Panen Kacer dapat dilakukan ketika Kacer sudah dewasa dan dapat berkicau. Demikian penjelasan cara ternak Kacer yang bisa dijadikan referensi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Facebook Twitter Google+