Panduan Lengkap Berbudidaya dan Wirausaha

Cara Menanam Bunga Mawar Dalam Pot Sederhana

Lahan yang sempit bukanlah menjadi halangan untuk menanam Bunga Mawar. Anda bisa menggunakan pot sebagai tempat penanaman. Kali ini akan dibagikan cara menanam bunga mawar dalam pot secara rinci.

1. Siapkan Pot
Hal pertama tentu anda harus menyiapkan pot sebagai media tanam Bungan Mawar. Pot yang baik untuk menanam bunga Mawar yakni pot yang terbuat dari tanah liat, semen cor, atau tembikar. Tidak dianjurkan menggunakan pot dari bahan plastik yang tidak memiliki pori-pori serta lembab yang menyebabkan akar mudah busuk

2. Pemilihan Stek
Stek yang bagus yaitu batang yang berada pada tengah ranting cabang. Tidak baik untuk mengambil batang bagian ujung atau yang masih muda karena akan sulit untuk tumbuh.

3. Pembuatan Media Dalam Pot
Pot yang sudah anda siapkan selanjutnya diisi dengan batu-batu kecil pada dasar pot. Kemudian masukkan tanah yang subur dan jangan lupa berilah pupuk. Lalu tancapkan batang mawar dan siram dengan air. Tempatkan bunga Mawar yang sudah ditanam pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Jika tunas sudah tumbuh, maka pindahlah ke tempat yang terkena sinar matahari.

4. Perawatan Bunga Mawar
Setelah bunga berumur 1-2 bulan, anda dapat menyiramnya secara teratur pada pagi dan sore hari. Pemberian pupuk juga penting agar bunga dapat tumbuh dengan baik. Lakukanlah pemangkasan secara rutin supaya bunga mawar rajin berbunga. Pemangkasan bisa anda lakukan dengan memotong daun yang tidak perlu. Hal ini bertujuan agar pemasukan makanan bisa mencukupi.
Setelah ditanam dalam pot, anda juga bisa memindahkan Bunga Mawar pada tanah hanya dengan melubangi tanah sedalam 50cm dan masukkan Batang Mawar lalu berilah pupuk dan siram.
Seperti itulah cara menanam Bunga Mawar dalam pot, cukup mudah bukan? Selamat mencoba.

Facebook Twitter Google+