Panduan Lengkap Berbudidaya dan Wirausaha

Cara Budidaya Cacing Sutra Panduan Singkat & Lengkap

Cara Budidaya Cacing Sutra - Cacing Sutera merupakan cacing yang berukuran kecil seperti rambut berwarna kemerahan. Cacing yang panjangnya sekitar 1-3 cm ini berpeluang untuk dijadikan usaha. Bagi anda yang ingin memulai usaha, berikut akan dijelaskan cara budidaya Cacing Sutera dengan mudah.
Cara Budidaya Cacing Sutra

Persiapan Budidaya Cacing Sutra

1. Pemilihan bibit
Langkah pertama yang harus anda lakukan yakni memilih bibit cacing sutera. Bibit bisa anda beli di toko ikan hias atau langsung dari alam seperti sungai, selokan, atau parit yang kaya organik. Bibit cacing yang sudah didapatkan kemudian dikarantina selama 2-3 hari dengan dialiri air. Tujuannya supaya cacing tidak membawa bakteri patogen.

2. Persiapan media tumbuh cacing
Sebagai media tumbuh cacing sutera, anda bisa menggunakan wadah terpal kemudian membuat beberapa kubangan lumpur yang berukuran 1x2 m serta lengkapi saluran masuk dan keluar air. Kemudian setiap kubangannya, buatlah petakan-petakan kecil dengan ukuran 20x20cm dengan tinggi tanggul 10cm. Antar tanggul, berilah lubang berdiameter 1cm.

3. Pemupukan
Setelah media siap, kemudian pupuk dengan dedak atau ampas tahu sebanyak 200 – 250 gr atau anda juga bisa menggunakan pupuk kandang sebanyak 300 gr. Pupuk ini nantinya untuk bahan makanan cacing.

4. Fermentasi
Lahan untuk budidaya cacing sutera juga perlu difermentasi dengan tujuan menaikkan kandungan N-organik dan C-organik hingga 2 kali lipat. Anda bisa melakukan fermentasi dengan merendam lahan dengan air setinggi 5cm selama 3-4 hari.

5. Penebaran Bibit
Tebarkan bibit yang sudah anda pilih secara merata ke lahan. Perlu diingat bahwa lahan dialiri air dengan arus lamban selama proses budidaya.

6. Pakan
Makanan cacing sutera adalah bahan organik yang bercampur lumpur. Oleh karena itu, lakukan pemupukan dan fermentasi secara rutin selama seminggu sekali.

7. Panen
Inilah yang anda tunggu-tunggu setelah melakukan serangkaian proses diatas. Panen dilakukan tentu setelah proses budidaya yang anda lakukan. Untuk cacing Sutera, panen perdana dapat dilakukan kurang lebih 60 hari setelah bibit cacing dipelihara. Kemudian panen selanjutnya dapat dilakukan seminggu sekali.

Demikian panduan bagaimana cara budidaya cacing sutera yang sangat mudah Anda lakukan. Diperlukan persiapan yang matang mulai dari lokasi, modal, tenaga kerja yang kompeten. Semoga tips singkat kali ini bermanfaat, apabila ada pertanyaan silahkan ajukan di kolem komentar. Selamat berwirausaha.
Facebook Twitter Google+