Panduan Lengkap Berbudidaya dan Wirausaha

Cara Budidaya Kroto Dalam Toples Terbaru 2016

Banyak cara dan tehnik untuk cara budidaya kroto, salah satunya dengan menggunakan Toples. Toples dipilih karena lebih praktis dan mudah. Barikut akan dijelaskan cara budidaya Kroto dalam toples. Perhatikan langkah-langkah berikut ini:

Cara Budidaya Kroto Dalam Toples

1. Media Kroto
Media atau tempat untuk budidaya Kroto ini menggunakan toples. Cara membuat kandang Kroto anda bisa perhatikan langkah-langkahnya:
  • Pertama anda membuat raknya dahulu. Rak bisa dari kayu atau papan, buatlah bertingkat seperti rak pada umumnya. Taruhlah rak di tempat yang tenang dan jangan bersentuhan dengan apapun.
  • Gunakanlah mangkuk plastik ataupun wadah plastik lainnya. Jika kaki rak anda ada 4, maka anda membutuhkan 4 mangkuk. Kemudian letakkan kaki-kaki rak di atas mangkuk tersebut yang sudah diisi air atau cairan oli bekas. Tujuannya supaya semut tidak kabur.
  • Siapkan toples yang sudah dilubangi bagian bawahnya. Jangan lupa berilah pakan dan minum dalam toples.
2. Bibit
Untuk yang satu ini kita bisa mencari di alam, atau bisa juga membeli dari para penjual yang ada di dekat rumah. Namun untuk hasil meksimal ada baiknya membeli bibit kroto unggulan meskipun harganya relatif mahal.

3. Penebaran Bibit
Siapkan ember dan berilah tepung pada tepi ember, kemudian masukkan bibit ke dalam ember. Lalu hubungkan ember dengan toples yang sudah dilubangi, berilah jembatan dari kayu supaya semut bisa masuk dalam toples. Setelah itu, taruhlah toples dalam nampan yang berisi air supaya semut tidak kabur dari toples.

4. Pakan
Berilah pakan berupa ulat, jangkrik, cecak, belalang, dan hewan kecil lainnya, atau daging ayam matang, serta larutan gula. Demikian cara budidaya Kroto dalam toples, sangat mudah untuk anda lakukan. Selamat mencoba dan rasakan hasilnya.
Facebook Twitter Google+