Panduan Lengkap Berbudidaya dan Wirausaha

Cara Budidaya Belut Panduan Lengkap Terbaru 2016

Banyak yang melakukan budidaya belut namun, tidak banyak yang mengetahui cara budidaya belut dengan benar sehingga banyak pula yang berputus asa sebelum mendapatkan hasil yang maksimal.
Hewan jenis ini mempunyai peluang usaha yang cerah, bagaimana tidak? Rasanya yang gurih ini menjadikan belut selalu muncul hampir di setiap menu warung makan dengan berbagai olahan. Dengan demikian, budidaya Belut cocok untuk anda jadikan usaha.  Di bawah ini akan dijelaskan cara budidaya Belut dengan benar dan mudah.

cara budidaya belut

1. Media Belut
Anda perlu menyiapakn medianya terlebih dahulu sebagai tempat berkembang biak Belut. Anda dapat menggunakan kolam atau drum untuk medianya. Kemudian siapkan bahan-bahan di bawah ini:
  • Lumpur kering
  • Jerami padi
  • Kompos
  • Enceng gondok
  • Mikoroorganisme stater
  • Pupuk TSP
  • Air
Caranya, letakkan jerami pada dasar kolam atau drum setinggi 50 cm, kemudian diatasnya disiram mikroorganisme stater hingga merata, di atasnya berilah kompos setinggi 5 cm,  lalu letakkan campuran lumpur kering dan pupuk TSP (5 kg) setinggi 25 cm. Selanjutnya diisi air setinggi 15 cm diatas permukaan  lumpur kering dan tanamlah enceng gondok. Setelah media selesai, diamkan selama 2 minggu sebelum diisi bibit. Tujuannya untuk fermentasi.

2. Bibit Belut
Bibit bisa membelinya pada penjual bibit Belut atau dari Dinas setempat. Selanjutnya anda tinggal memasukkan bibit Belut ke dalam media yang sudah difermentasi selama 2 minggu. Jumlah bibit sesuai keinginan anda, semakin banyak bibit Belut yang dibudidaya maka akan semakin banyak hasil yang dihasilkan. Untuk kolam ukuran panjang 5 m, lebar 5 m, dan tinggi 1 m, anda bisa memasukkan bibit Belut hingga 9 ribuan.

3. Perawatan
Perawatan Belut terletak pada kolamnya, baik air maupun medianya. Perhatikan air dalam kolam, jika sudah berwarnah merah kecoklatan berarti air harus dinetralisir. Anda dapat menggantinya dengan air baru dan mengeluarkan 1/3 air kolam yang kotor.
Selain itu, anda juga perlu menjaga suhu air yang normalnya 26-28 derajat celcius.

4. Pakan
Pakan Belut dapat berupa cacing tanah, belatung, bekicot, bibit ikan mas, ikan cetol, dan ikan impun yang masih hidup. Pemberian  pakan belut sehari sekali diatas jam 5 sore. Atau anda juga bisa memberi selingan pakan pelet 3x dalam seminggu. Demikianlah penjelasan tentang cara budidaya Belut yang bisa langsung dipraktikkan untuk berwirausaha. Selamat mencoba.
Facebook Twitter Google+