Panduan Lengkap Berbudidaya dan Wirausaha

6 Tahapan Cara Mudah Budidaya Jahe di Lahan Sempit

Budidaya Jahe banyak dilakukan karena keuntungan yang dihasilkan lumayan menggiurkan. Apakah anda juga akan tertarik? jika masih bingung dengan cara budidaya Jahe, simaklah langkah-langkah berikut ini.

Budidaya Jahe
1. Bibit
Cara memilih bibit Jahe yang bagus yaitu pilihlah yang sudah tua berumur 10 bulan keatas. Warnanya cerah, fisik besar dan sehat, serta tidak lecet. Setelah itu, bibit direndam dengan larutan fungisida selama 15 menit,

2. Media tanam
Media tanam sebagai tempat budidaya Jahe. Anda dapat menggunakan lahan perkebunan, polibag atau karung. Pilih media tanam sesuai dengan keinginan anda.

3. Penyemaian
Pada tahap penyemaian, gunakanlah lahan yang berbeda. Siapkan lahan, lantai paling dasar berilah abu sekam atau serbuk gergaji, kemudian tabur tanah dan pasir diatasnya, lalu tutup dengan ladu. buatlah bambu melengkung diatasnya dan tutup dengan plastik. Jauhkan dari sinar matahari.
Jika tunas sudah keluar, artinya siap unuk dibudidaya dalam lahan perkebunan, polybag atau karung. Biasanya tunas keluar pada umur 2 minggu.

4. Penanaman
Jika anda menggunakan lahan perkebunan, berilah pupuk organik pada tanah sebelum ditanami. Sedangkan polybag atau karung, anda dapat mengisi dengan tanah, pasir, dan pupuk organik. Tancapkan tunas Jahe dengan posisi berdiri dan mata tunas berada diatas. Timbun dengan tanah dan siram dengan air.

5. Perawatan
Perawatan Jahe tidaklah sulit, anda hanya menyiramnya setiap sore hari. Kemudian anda juga perlu menyiram dengan campuran air dan pupuk organik. Jika terkena hama, anda dapat menyemprotkan  isektisida atau fungisida organik.

6. Panen
Panen Jahe dapat dilakukan pada 9-10 minggu setelah budidaya. Namun, hasil panen Jahe yang baik mencapai 12 bulan. Jahe benar-benar sudah tua dan beratnya juga bertambah.

Cara panen Jahe di lahan perkebunan yaitu dengan menggali tanah secara berhati-hati supaya rimpang Jahe tidak terluka. Kemudian ambil dan cuci dengan air kemudian diangin-anginkan.
Sedangkan panen dalam polybag atau karung, caranya dengan menyobek polibag atau karung, ambil rimpang Jahe dan cuci dengan air bersih. Lalu angin-anginkan atau bisa dijemur. Jahe siap untuk dipasarkan.

Demikian cara budidaya Jahe yang dapat anda jadikan peluang usaha. Selamat mencoba.
Facebook Twitter Google+