Panduan Lengkap Berbudidaya dan Wirausaha

5 Cara Budidaya Semut Rangrang Sederhana

Ada alasan kuat mengapa anda harus tahu cara budidaya Semut Rangrang. Salah satunya, Semut Rangrang menghasilkan kroto yang banyak dilirik para kicaumania atau para pemelihara burung kicau. Campuran telur dan larva yang dihasilkan Semut Rangrang ini memiliki peluang usaha yang menjanjikan. Bagaiamana tidak? kroto dijadikan makanan burung supaya kicaunya makin gacor.
Peluang usaha ini terbuka lebar untuk anda, caranya mudah dan murah. Berikut akan dijelaskan cara budidaya semut rangrang:

Cara Budidaya Semut Rangrang

Bibit
Bibit Semut Rangrang ini bisa anda dapatkan dari alam atau membeli pada penjual bibit semut. Namun, biasanya susah mencari Semut Rangrang di alam. Sebaiknya anda membeli dari peternak lain. Harga satu toples berukuran 1 liter berkisar 150-200 ribu.

Media Semut Rangrang
Media atau tempat untuk budidaya Semut Rangrang bisa menggunakan paralon. Cara membuat kandang Semut Rangrang anda bisa perhatikan langkah-langkahnya:
  1. Buat raknya dahulu. Rak bisa dari kayu atau papan, buatlah bertingkat seperti rak pada umumnya. Taruhlah rak di tempat yang tenang dan jangan bersentuhan dengan apapun.
  2. Gunakanlah mangkuk plastik ataupun wadah plastik lainnya. Jika kaki rak anda ada 4, maka anda membutuhkan 4 mangkuk. Kemudian letakkan kaki-kaki rak di atas mangkuk tersebut yang sudah diisi air atau cairan oli bekas. Tujuannya supaya semut tidak kabur.
  3. Siapkan paralon dan potong-potong sama panjang. Ukuran panjang bisa anda sesuaikan dengan lebar rak.
  4. Susun paralon-paralon dalam rak dan berilah dedaunan di dalam paralon.
Penebaran Bibit
Bukalah wadah bibit Semut Rangrang kemudian letakkan diatas paralon dan biarkan semut berkeliaran di paralon.

Pakan
Berilah pakan berupa ulat, jangkrik, cecak, belalang, dan hewan kecil lainnya, atau daging ayam matang, serta larutan gula. Taruhlah pada wadah yang ceper dan letakkan di samping sarang.

Panen
Semut Rangrang bisa dipanen krotonya ketika sarang sudah penuh dengan telur berwarna putih atau 15-20 hari setelah ternak. Caranya yakni:
  1. Siapkan wadah
  2. Siapkan saringan kawat dan letakkan pada wadah
  3. Ambil paralon dan tumpahkan dalam wadah. Kroto akan jatuh dalam wadah sedangkan Semut Rangrang diatas saringan.
  4. Bersihkan paralon dan letakkan saringan pada rak.
Demikian cara budidaya semut rangrang, sangat mudah dilakukan bagi anda yang pemula. Selamat mencoba dan rasakan hasilnya.
Facebook Twitter Google+