-->

Panduan Lengkap Berbudidaya dan Wirausaha

Cara Ternak Bebek 7 Persiapan Awal Yang Wajib Disediakan

Bagi anda yang masih bingung bagaimana cara ternak bebek, langsung saja simak penjelasan dibawah ini.
ternak bebek mudah

1. Kandang Bebek
Hal pertama yang harus anda lakukan yakni menyiapkan kandang sebagai tempat beternak bebek. Anda harus menyiapkan tiga bentuk kandang:
  • Kandang anak bebek, gunakan kandang box berukuran 1 m bisa untuk 50 ekor.  Jumlah bebek tergantung selera, sesuaikan dengan keuangan anda. Semakin banyak tentunya semakin besar hasilnya.
  • Kandang Brower (bebek remaja), gunakan kandang Ren/kandang kelompok berukuran 16-100 ekor perkelompoknya.
  • Kandang layar (masa bertelur), anda dapat menggunakan kandang baterei berbentuk kotak yang bisa diisi 1-2 bebek tiap kotaknya. Selain itu, anda juga bisa menggunakan dgn ukuran setiap meter persegi diisi 4-5 bebek dewasa.
  • Jangan lupa kandang diberi perlengkapan berupa tempat pakan, minum, dan lampu.
2. Pemilihan Bibit
Pilihlah induk bebek yang berkualitas, anda bisa membelinya dari pembibitan bebek. Bibit bebek yang baik yaitu tidak cacat dan tidak sakit serta bulu berwarna kuning mengkilap.

3. Perawatan Bibit
Setelah anda mendapatkan bibit bebek, masukkan ke dalam kandang box dan berilah jenis pakan bebek fase stater dan tambahkan vitamin pada minumannya.

4. Perawatan Calon Induk
Terdapat dua macam calon induk bebek yakni induk untuk produksi telur konsumsi dan untuk produksi telur tetas. Perawatannya sama, namun pada  induk produksi telur tetas harus ada pejantan, anda dapat memberi 1 jantan untuk 5 – 6 betina.

5. Reproduksi Bebek
Bebek perlu dikawinkan supaya dapat melakukan reproduksi. Ada dua macam reproduksi yang bisa anda lakukan, diantaranya menggunakan pakan buatan manusia dan alami dibuahi oleh bebek jantan.

6. Pakan Bebek
Pakan bebek yang bisa anda gunakan yakni pakan pembuatan pabrik dengan kode fase masing-masing. Terdapat tiga fase, yaitu fase stater (umur 0-8 minggu), fase grower (8-18 minggu), dan fase layar (18-27 minggu). Cara ternak Bebek yang mudah bisa dijadikan referensi untuk memulai bisnis anda.
Facebook Twitter Google+