-->

Panduan Lengkap Berbudidaya dan Wirausaha

Cara Budidaya Ikan Gurame Mudah Untuk Pemula

Cara budidaya Ikan Gurame tidaklah sulit karena dapat dibudidayakan dimana saja asal airnya tawar. Pangsa pasar ikan tawar yang satu ini sangatlah luas, terutama pada warung-warung makan dari yang kecil hingga restoran besar. Bagi anda yang ingin membudidayakan Ikan Gurame, berikut akan saya jelaskan caranya.

Cara Budidaya Ikan Gurame

1. Kolam

Kolam untuk budidaya ikan Gurame terdapat berbagai macam, ada yang menggunakan kolam terpal, kolam tanah, kolam semen, maupun jaring apung. Anda dapat memilih salah satu sesuai dengan keinginan anda.
Apapun jenis kolam yang anda gunakan, bersihkan terlebih dahulu kemudian isi air dan diamkan selama satu minggu sebelum dimasukkan benih.

2. Benih Gurame

Benih Ikan Gurame yang akan dibudidayakan dapat membeli dari pembudidaya lain. Pilihlah benih Ikan Gurame yang ukurannya agak besar, tidak ada cacat atau luka pada tubuhnya. Untuk jumlah benih, sesuai dengan keinginan anda. Semakin banyak benih yang dibudidaya maka akan semakin banyak pula hasilnya.

3. Penebaran benih

Cara menebar benih Gurame yaitu masukkan ember yang berisi benih ke dalam kolam dan biarkan selama 15 menit supaya benih menyesuaikan suhu kolam. Lalu miringkan ember dan biarkan benih menuju kolam.

4. Pakan

Pakan Ikan Gurame dapat berupa pelet dan tambahan dari daun-daunan seperti, daun singkong, kangkung, daun talas, daun ubi jalar, daun pepaya, tauge kacang-kacangan. Selain itu, anda bisa membuatkan pakan buatan yang bahannya dari dedak, jagung, dan ampas tahu yang direbus kemudian dicincang.
Pemberian pakan Gurame dilakukan 2x sehari yakni pagi dan sore.

5. Perawatan kolam

Kolam budidaya Ikan Gurame harus dijaga kebersihannya. Apabila air sudah berbau, segera ganti air baru. Caranya, buanglah 1/3 air kolam kemudian ganti air baru.

6. Panen

Gurame dapat dipanen setelah 7-8 bulan setelah budidaya atau saat bobot ikan berkisar 0,7-1 kg. Hal ini sesuai dengan permintaan pasar yang layak konsumsi.

Demikian cara budidaya Ikan Gurame yang bisa anda jadikan bisnis beromset tinggi. Selamat mencoba.
Facebook Twitter Google+