-->

Panduan Lengkap Berbudidaya dan Wirausaha

Cucak Ijo Banyuwangi Ciri dan Jenisnya Lengkap

Apakah anda pecinta cucak ijo ? kalau iya, tentu tahu dari mana asal cucak ijo yang paling tenar di dunia burung. Siapa lagi kalau bukan Cucak Ijo Banyuwangi. Memang benar, cucak ijo yang asli dari Banyuwangi ini sangat pamor. Bagaimana tidak ? warnanya yang elegan dan kicauannya yang khas itu berhasil menyambet juara-juara perlombaan burung.

Banyak yang mencari burung jenis ini, mungkin anda salah satunya. Namun, jangan sampai ketipu dengan Cucak Ijo Banyuwangi abal-abal. Jika anda pecinta Cucak Ijo Banyuwangi tentu bisa membedakan mana yang asli Banyuwangi dan mana yang dari daerah lain seperti Cucak Ijo lokal (Jawa) atau Kalimantan.

Berikut ciri-ciri Cucak Ijo Banyuwangi

  1. Ukuran tubuhnya panjang dan agak melengkung
  2. Warnanya hijau yang jelas dan terang. Sedangkan Cucak Ijo jenis lain warnanya hijau kekuningan
  3. Terdapat warna biru disayap bagian atas dan bawah paruh
  4. Bulu ekornya lebih panjang, melengkung dan lentur
  5. Ketika ngentrok, jambul akan berdiri dan memiliki gaya yang atraktif
  6. Ketika tidak diadu, kicauannya kurang tajam dan kurang variasi.
Jika anda ingin mencari Cucak Ijo asli Banyuwangi, anda dapat berburu langsung ke tempat asalnya, yakni Banyuwangi. Di Banyuwangi terdapat beberapa daerah paling populer yang dicari para pecinta cucak ijo, antara lain:
  • Cucak Ijo Purwo, berasal dari alas Purwo. Cucak Ijo ini paling diminati karena warnanya hijau muda, memiliki mental petarung yang tinngi, suaranya keras, dan bodynya lebih besar.
  • Cucak Ijo Songgon, asalnya dari alas Songgon Banyuwangi. Cucak Ijo ini warnanya hijau tua, ukuran body besar, tetapi mental petarungnya kurang bagus.
  • Cucak Ijo dari alas Pesanggarahan Sanggar, warnanya hijau tegas, memiliki mental yang cukup bagus, ukuran tubuhnya cukup besar. Namun, cucak ijo ini tergolong manja dan malas berkicau sehingga sulit untuk diikutkan lomba.
  • Cucak Ijo yang asalnya dari kaki Gunung Ijen, ukuran tubuhnya sedang dan warnanya hijau tua.
Demikian informasi tentang Cucak Ijo Banyuwangi yang dapat anda baca. Semoga tidak salah dalam memilih burung berpamor itu.
Facebook Twitter Google+